top of page

10 Berlian Ini Jadi Yang Paling Besar Di Dunia Saat ini


Orang mana yang tak kenal dengan salah satu jenis perhiasan paling mahal yang memiliki warna super cantik dan banyak di gandrungi para wanita ini, yap perhiasan tersebut tidak lain tidak bukan adalah Berlian. Berlian sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni “ Adamas ” yang memiliki arti “ logam yang sangat keras ”. Semenjak jaman dulu, Berlian selalu jadi idola di dalam hal pembuatan sebuah perhiasan. Perhiasan yang memiliki tahta berlian membuat perhiasan tersebut jadi jauh lebih cantik, unik serta semakin meningkatkan rasa percaya diri untuk setiap orang – orang yang memakai nya. Kali ini kami akan membicarakan mengenai 10 berlian paling besar di dunia yang sudah pernah di temu kan :

  • Black Carbonado

Yang pertama ini yakni Black Carbonado. Black Carbonado sendiri adalah berlian paling besar di dunia yang berasal dari negara brazil.Berlian ini sendiri di temu kan sekitar tahun 1893, yang mempunyai 3167 karat dan tergolong dalam kelompok batu – batuan berlian yang sangat langka. Black Carbonado ialah berlian alami yang mempunyai komposisi kimia yang hampir sama dengan berlian putih. Ada banyak sekali versi keterangan yang telah beredar dan berkembang berkaitan dengan penemuan si berlian hitam langka yang satu ini. Bahkan semua peneliti sampai saat ini masih sering melakukan perundingan tentang dari mana asal berlian hitam cantik yang langka ini. Beberapa orang percaya bahwa Black Carbonado adalah berlian yang berasal bukan dari bagian bumi akan tetapi dari luar angkasa, banyak orang menduga bahwa Black Carbonado adalah sebuah pecahan dari batu - batu meteor yang pernah jatuh ke bumi.

  • Cullian Diamond

Cullian Diamond ialah salah satu jenis batuan berlian yang mempunyai 3.106.75 karat ( 621,35 g ). Berlian Cullian Diamond ini sendiri adalah sebuah permata kasar yang memiliki kualitas bagus paling besar yang pernah di temu kan. Berlian Cullian Diamond ini awal nya di temu kan oleh seorang pengawas tambang sekitar tahun 1905 di negara Afrika Selatan. Kemudian oleh si pengawas tambang ini, berlian itu di beri nama yang cocok dengan yang memiliki tambang tersebut yakni Sir Thomas Cullinan. Berlian cantik yang paling besar ini lalu di serah kan sebagai hadiah kerajaan untuk Raja Inggris bernama Raja Edward VII yang pada saat itu dia tengah memerintah inggris. Kemudian batu berlian Cullian Diamond itu tadi di bawa mengarah ke Amsterdam yang kemudian akan menjadi menjadi 9 buah potongan. Dan untuk bagian potongan yang paling besar dari berlian itu sendiri di beri nama Cullinan I atau lebih di kenal dengan Star of Africa.

  • Excelsior Diamond

Excelsior Diamond ini adalah satu dari sekian banyak batuan berlian paling besar di dunia yang di temu kan di wilayah Afrika Selatan pada tahun 1893. Berlian ini memiliki ciri khusus yakni di tandai dengan warna putih dan biru. Berlian Excelsior Diamond ini sendiri mempunyai 995,20 karat dan pada mula nya berlian Excelsior Diamond ini cuma berjumlah 1 di dunia , akan tetapi berlian ini di potong - potong jadi sejumlah bagian - bagian yang lebih kecil.

  • Star of Sierra Leone

Pada tahun 1972 terjadi sebuah penemuan yang cukup mengejutkan dunia. Sebuah batuan berlian yang di anggap sebagai berlian paling besar di dunia ini di temu kan dan di beli pada tahun yang sama dengan sangat mahal oleh seorang pedagang permata kaya asal Amerika yang bernama Harry Winston. Berlian Star of Sierra Leone ini mempunyai 969 karat dan lalu di potonh jadi 17 bagian - bagian kecil dengan potongan yang sangat sempurna. Beberapa dari potongan kecil Berlian Star of Sierra Leone tersebut di kombinasikan dalam suatu perhiasan cantik yang pada saat ini lebih di kenal dengan nama Star of Sierra Leone.

  • Incomparable Diamond

Ialah seorang anak wanita asal amerika paling beruntung yang menemukan salah satu dari beberapa berlian terbesar di dunia ini. Anak perempuan tersebut menemukan berlian ini pada tahun 1989, berlian dengan 890 karat ini di temu kan dari tumpukan puing – puing kemudian oleh gadis itu di berikan lah berlian besar tersebut untuk paman nya guna untuk di periksa. Oleh paman gadis tersebut, berlian itu sukses dijual ke pedagang berlian. Di butuhkan waktu yang lumayan lama bagi para profesional untuk memotong berlian besar itu menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Akan tetapi pada saat ini berlian tersebut telah sukses di potong dan menjadi berlian dengan bentuk segitiga yang unik.

  • Millennium Star

Hampir 65% dari total berlian yang di dunia ini berasal dari wilayah Afrika. Seperti di antara nya berlian paling besar satu ini yang mempunyai nama Millenium Star. Dengan berat yang mencapai 777 karat, berlian Millenium Star ini di temu kan di Negara Republik Kongo pada tahun 1990. Oleh seorang pengembara pertambangan asal Inggris yang bernama Cecil Rhodes yang sedang mengontrol suatu industri berlian mempunyai nama De Beeers Group yang samai saat ini menjadi pemillik yang sah dari salah satu berlian paling besar di dunia ini.

  • The Woyie River

Berlian yang mempunyai nama The Woyie River ini dinamai serupa dengan tempat pertama di temu kan nya berlian ini. Berlian ini tentu nya masih berasal dari salah satu negara penghasil berlian paling besar di dunia, yakni Afrika. Berlian The Woyie River ini mempunyai 770 karat dan pertama kali nya berlian ini di perkenal kan ke seluruh dunia pada tahun 1945. Berlian yang tanpa warna dan sempurna ini di potong jadi 30 potongan yang kecil dan ternyata berlian ini juga memiliki sebutan lain yakni The Blood Diamond. Di sebut Blood Diamond sebab berlian ini sendiri di pakai dengan maksud untuk menolong keuangan tentara militer di Sierra Leone pada saat itu.

  • The Golden Jubilee

Di temukan sekitar tahun 1985 di wilayah Afrika Selatan, berlian paling besar di urutan ke 8 ini di potong olehseorang bernama Gabriel Tolkowsky yang pada saat itu juga mendesain berlian Centenary yang mempunyai 755 karat. Berlian Golden Jubilee ini sendiri di serah kan kepada raja Thailand sekitar tahun 1997 guna merayakan 50 tahun sejak di serahkan mahkota kerajaan thailand. Berkat warna berlian ini yang memiliki warna coklat, Golden Jubliee ini pun sering di kenal dengan nama The unnamed Brown.

  • The Vargas

Sedikit lebih besar dari berlian The Jonker dengan berat mencapai 726,6 karat, Berlian The Vargas sukses menempatiurutan ke 9 sebagai deretan berlian paling besar di dunia. Nama Vargas ini sendiri di ambil dari seorang presiden Brazil Getulio Dornelles Vargas yang pada masa itu sedang berkuasa. Berlian ini sendiri di temu kan secara tak sengaja pada saat seseorang sedang melakukan perjalan mengarah ke Amsterdam pada tanggal 13 Agustus sekitar tahun 1938 oleh Manoel Domingues danJoaquim Venancio Tiago. Lalu berlian itu tadi sukses di beli oleh perusahaan berlian yang sama terkenal nya dengan Haarry Winston. Sebanyak kurang lebih 29 potonga kecil berlian sukses di pisah kan dari Vargas dengan potongan yang terbesar mempunyai berat sekitar 44,17 karat. Dimana bagian yang terbesar itu kemudian di potong lagi oleh Harry Wiinston sendiri.

  • The Jonker

Berlian paling besar di dunia di posisi terakhir adalah The Jonker. Berlian The Jonker ini di temukan oleh Johannes jacobus di tambang Elandsfontein sekitar tanggal 17 Januari 1934, dan orang – orang mempercayai bahwa berlian yang satu ini di potong jadi 13 potong dengan total mencapai 726 karat, dengan potongan yang terbesar yaitu The Jonker I yang mempunyai berat mencapai 142,9 karat.

Setiap berlian memiliki sejarah nya sendiri – sendiri yang menjadi nilai lebih selain besar nya yang menakjubkan. Sampai di sini dulu informasi yang bisa saya sampaikan mengenai berlian paling besar di dunia ini semog bisa sedikit menambah pengetahuan anda mengenai berlian.

bottom of page